Sukseskan PDDIKTI, Kopertis 6 Dukung Penuh Perguruan Tinggi

Matahari pagi masih menyingsing, menyapa kami sekumpulan admin PDDIKTI perguruan tinggi yang ada di wilayah pantura utara. Kami bergegas menuju Salatiga untuk mengikuti Workshop Aplikasi Feeder Angkatan III yang diselengggarakan Kopertis Wilayah 6 pada hari ini, Selasa 22 Maret 2016. Workshop angkatan III diikuti oleh perguruan tinggi yang berada di wilayah Semarang dan sekitarnya.

Angkatan ini merupakan angkatan terakhir yang melaksanakan workshop untuk periode 2016 ini. Sebelumnya Kopertis sudah melaksanakan workshop. Angkatan I untuk perguruan tinggi wilayah Solo dan sekitarnya yang dilaksanakan 10-11 Maret 2016. Sedangkan untuk angkatan II bagi perguruan tinggi wilayah Purwokerto dan sekitarnya dilaksanakan tanggal 21-22 Maret 2016.

Sesampainya ditempat tujuan, kami bertemu dengan teman-teman sejawat dari admin PDDIKTI kampus lain. Senyum sapa, jabat erat bahkan ada yang sampai berpelukan ala Lala Poh (sesama jenis tentunya), yang menandakan betapa erat hubungan kami sesama admin perguruan tinggi yang terjalin selama ini.
Itu bagi admin PT yang lama, bagi admin PT yang baru bergabung, dikasih ucapan apa ya?
Welcome to the jungle!

Sudah Ada Sejak 2001

Ketika jam handphone menunjukkan angka 13.45 yang berarti kami harus segera menuju ruang workshop. Dan tepat pukul 14.00 wib workshop pun dimulai, ditandai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama.

“Workshop yang dilaksanakan hari ini sebenarnya sudah pernah dilaksanakan sejak tahun 2001”, ungkap Prawoto, S.E., M.Si. selaku Panitia Pelaksana. Saat itu, masih bernama EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri), dan aplikasinya masih berbasis DOS.

Dalam sambutannya, Koordinator Kopertis Wilayah VI yang diwakili oleh Kabid Akademik, Kemahasiswaan dan Kelembagaan, Agung Purwanto, S.H., berharap agar semua PTS yang ada di wilayah VI dapat melaporkan PDDIKTI periode 20151 secepatnya sebelum batas akhir laporan (akhir April 2016-red).

“Pelaporan sampai saat ini mencapai lebih dari 75%, sesuai target minimal”, imbuhnya disela-sela sambutannya sesaat sebelum membuka acara secara resmi.






Dukung Perguruan Tinggi

Tampak hadir Budi Widjajanto, S.Kom., M.Kom. (dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang), Sugiyamta, M.Kom. (dari Unisbank Semarang), dan Hidayat Prihantono (dari STIE Atma Bakti Surakarta) sebagai narasumber dalam workshop ini.

Narasumber workshop berasal dari admin PT yang ada di wilayah Kopertis 6 dikarenakan sudah memiliki pengalaman, mengalami secara langsung dan menjadi penanggungjawab di lapangan saat proses pelaporan PDDIKTI yang menjadikan alasan mengapa mereka ditunjuk sebagai narasumber.

Kopertis 6 pun sudah menyediakan tempat khusus di kantor apabila ada admin PT yang menemui permasalahan dan tidak bisa diseleseikan secara online.

Malam ini, Tim Admin PDDIKTI Kopertis 6 Pak Ngadiyanto, S.Kom, M.Kom., dan Nur Kholis, S.Kom. Keduanya membahas berbagai permasalahan yang dihadapi admin PDDIKTI perguruan tinggi. Tanya jawab tampak lebih mengalir, serius tapi santai.

Sembari mengikuti workshop, jangan juga menikmati pemandangan kota Salatiga. Semangat kawan. Ganbate!




Subscribe to receive free email updates: